Prinsip-Prinsip Strategi Pembelajaran Inkuiri

1. Berorientasi Pada Pengembangan Intelektual
Tujuan utama dari strategi pembelajaran inkuiri adalah pengembangan kemampuan berpikir para peserta didik. Dengan demikian, strategi pembelajaran ini selain berorientasi kepada hasil belajar juga berorientasi pada proses pembelajaran. Karena itu, kriteria keberhasilan dari kegiatan belajar mengajar  dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri bukan ditentukan oleh sejauh mana peserta didik dapat memahamiinti dari materi pembelajaran, akan tetapi sejauh mana peserta didikberproses mencari dan menemukan sesuatu. Makna dari “sesuatu” yang harus ditemukan oleh peserta didik melalui proses berpikir adalah sesuatu yang dapat ditemukan, bukan sesuatu yang tidak pasti, oleh sebab itu setiap pendapat yang harus dikembangkan adalah pendapat yang dapat ditemukan.

2. Prinsip Interaksi
Kegiatan belajar mengajar pada dasarnya adalah proses berinteraksi, baik interaksi antara peserta didik maupun interaksi peserta didik dengan pendidik, bahkan interaksi antara peserta didik dengan lingkungan sekitar. Kegiatan Pembelajaran sebagai proses interaksi berarti menempatkan pendidik bukan sebagai sumber belajar, tetapi sebagai pengatur lingkungan atau pengatur interaksi dalam kegiatan belajar mengajar itu sendiri. Pendidik perlu mengarahkan (directing) agar peserta didik bisa mengembangkan kemampuan berpikirnya melalui interaksi antar peserta didik. Kemampuan pendidik untuk mengatur komunikasi para peserta didik dalam proses pembelajaran memang bukan pekerjaan yang mudah. Sering pendidik terjebak oleh kondisi yang tidak tepat mengenai kegiatan interaksi itu sendiri. Misalnya, interaksi hanya berlangsung antarpeserta didik yang mempunyai kemampuan berbicara saja walaupun pada kenyataannya pemahaman peserta didik tentang substansi permasalahan yang dibicarakan sangat kurang; atau pendidik justru mengabaikanfungsi sebagai pengatur interaksi itu sendiri.

3. Prinsip Bertanya
Peran pendidik yang harus dilakukan dalam menggunakan strategi pembelajaran inkuiri adalah pendidik sebagai penanya. Sebab, kemampuan peserta didik untuk menjawab setiap pertanyaan pada dasarnya sudah merupakan sebagian dari proses berpikir. Oleh sebab itu, kemampuan pendidik untuk bertanya dalam setiap langkah inkuiri sangat diperlukan. Berbagai jenis dan teknik bertanya perlu dikuasai oleh setiap pendidik, apakah itu bertanya hanya sekedar untuk meminta perhatianpeserta didik, bertanya untuk mencari tahu, bertanya untuk mengembangkan kemampuanpeserta didik, atau bertanya untuk menguji kemampuan para peserta didiknya.


4. Prinsip Belajar Untuk Berpikir
Belajar bukan hanya mengingat sejumlah materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran, akan tetapi belajar adalah proses berpikir (learning how to think), yaitukegiatan mengembangkan kemampuan seluruh otak, baik otak kiri maupun otak kanan; baik otak reptil, otak limbik, maupun otak neokortek. Pembelajaran berpikir adalah pemanfaatan dan penggunaan otak secara optimal. Belajar yang hanya cenderung memanfaatkan otak kiri, misalnya dengan memaksa peserta didik untuk berpikir logis dan rasional, akan membuat peserta didik dalam posisi “kering dan hampa”. Oleh karena itu, belajar berpikir logis dan rasional perlu didukung oleh pergerakan otak kanan, misalnya dengan memasukan hal-hal yang dapat mempengaruhi emosi, yaitu bagian dari estetika melalui proses kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan menggairahkan bagi para peserta didik.

5. Prinsip Keterbukaan
Belajar adalah suatu proses mencoba beberapa kemungkinan. Segala sesuatu mungkin saja terjadi ketika proses pembelajaran. Oleh sebab itu, peserta didik perlu diberikan keleluasaan untuk mencoba sesuai dengan perkembangan kemampuan logika dan nalar para peserta didik. Pembelajaran yang bermakna adalah proses pembelajaran yang menyuguhkan berbagai kemungkinan sebagai hipotesis yang harus dibuktikan kebenarannya. Tugas pendidik adalah menyediakan ruang untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan hipotesis dan secara terbuka membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukannya.

0 komentar:

Post a Comment