Download Skripsi Online - Strategi
pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan
pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan
sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir itu
sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab antara pendidik dan peserta
didik. Strategi pembelajaran ini sering juga dinamakan strategi heuristic, yang
berasal dari bahasa yunani, yaitu heuriskein
yang berarti saya menemukan.
Strategi pembelajaran
inkuiri berangkat dari asumsi bahwa sejak seseorang lahir ke dunia, seseorang
memiliki dorongan untuk menemukan sendiri pengetahuannya. Rasa ingin tahu
tentang keadaan alam di sekelilingnya merupakan kodrat seseorang sejak ia lahir
ke dunia. Sejak kecil seseorang memiliki keinginan untuk mengenal segala seuatu
melalui indra pengecapan, pendengaran, penglihatan dan indra-indra lainnya.
Hingga dewasa keingintahuan seseorang secara terus-menerus berkembang dengan
menggunakan otak dan pikirannya. Pengetahuan yang dimiliki seseorang akan
bermakna (meaningfull) apabila didasari oleh keingintahuan itu. Dalam rangka
itulah strategi pembelajaran inkuiri dikembangkan.
Ada beberapa hal
yang menjadi ciri utama strategi pembelajaran inkuiri. Pertama, strategi pembelajaran
inkuiri menekankan kepada aktivitas peserta didik secara maksimal untuk mencari
dan menemukan, artinya strategi pembelajaran inkuiri menempatkan peserta didik
sebagai subjek belajar. Dalam proses pembelajaran, peserta didik tidak hanya
berperan sebagai penerima kegiatan belajar mengajar melalui penjelasan pendidik
secara verbal, tetapi mereka berperan untuk menemukan sendiri inti dari bahan
ajarkegiatan belajar mengajar itu sendiri.
Kedua, seluruh
aktivitas yang dilakukan peserta didik diarahkan untuk mencari dan menemukan
jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga diharapkan dapat
menumbuhkan sikap percaya diri (self
belief). Dengan demikian, strategi pembelajaran inkuiri menempatkan pendidik
bukan sebab sumber belajar, akan tetapi sebagai fasilitator dan motivator
belajar peserta didik.
Aktivitas
pembelajaran biasanya dilakukan melalui proses tanya jawab antara pendidik dan peserta
didik. Oleh sebab itu kemampuan pendidik dalam menggunakan teknik bertanya
merupakan syarat utama dalam melakukan inkuiri.
Ketiga, tujuan
dari penggunaan strategi pembelajaran inkuiri adalah mengembangkan kemampuan
berpikir secara sistematis, logis, dan kritis, atau mengembangkan kemampuan
intelektual sebagai bagian dari proses mental. Dengan demikian, dalam strategi
pembelajaran inkuiri peserta didik tak hanya dituntut agar menguasai bahan
ajarkegiatan belajar mengajar, akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan
potensi yang dimilikinya. Seseorang yang hanya menguasai kegiatan belajar mengajar
belum tentu dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara optimal; namun
sebaliknya, peserta didik akan dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya apabila
ia bisa menguasai bahan ajarkegiatan belajar mengajar.
Seperti yang
dapat disimak dari proses pembelajaran, tujuan utama pembelajaran melalui
strategi belajar inkuiri adalah menolong peserta didik untuk dapat
mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berpikir dengan memberikan
pertanyaan-pertanyaan dan mendapatkan jawaban atas dasar rasa ingin tahu
mereka.
Strategi
pembelajaran inkuiri merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang
berorientasi kepada peserta didik (student centered approach). Dikatakan
demikian, sebab dalam strategi ini peserta didik memegang peran yang sangat
dominan dalam proses pembelajaran.
Strategi
pembelajaran inkuiri akan efektif apabila:
- Pendidik mengharapkan peserta didik dapat menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang ingin dipecahkan. Dengan demikian dalam strategi inkuiri penguasaan bahan ajarkegiatan belajar mengajar bukan sebagai tujuan utama pembelajaran, akan tetapi yang lebih dipentingkan adalah proses belajar.
- jika bahan kegiatan belajar mengajar yang akan diajarkan tidak berbentuk fakta atau konsep yang sudah jadi, akan tetapi sebuah kesimpulan yang perlu pembuktian.
- Jika proses pembelajaran berangkat dari rasa ingin tahu peserta didik terhadap sesuatu.
- jika pendidik akan mengajar pada sekelompok peserta didik yang rata-rata memiliki kemauan dan kemampuan berpikir. Strategi pembelajaran inkuiri akan kurang berhasil diterapkan kepada peserta didik yang kurang memiliki kemampuan untuk berpikir.
- jika jumlah peserta didik yang belajar tak terlalu banyak sehingga bisa dikendalikan oleh pendidik.
- jika pendidik memiliki waktu yang cukup untuk menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik.
0 komentar:
Post a Comment