Operator Bukan Guru - DOWNLOAD SKRIPSI KOMUNIKASI CITRA REMAJA PEREMPUAN ANALISIS MAJALAH. Pada postingan artikel kali ini saya akan membagikan
sebuah file skripsi jurusan komunikasi. Berikut dibawah ini saya sajikan latar
belakang masalah dalam skripsi tersebut, adapun untuk file skripsinya bias anda
download disini:
Baca Juga:
DOWNLOAD SKRIPSI JURUSAN KOMUNIKASI PERSEPSI TARGET AUDIENCE TERHADAP BRAND IMAGE DALAM IKLAN YANG MENGGUNAKAN CELEBRITY ENDORSER
Download Skripsi Komunikasi Peranan Media Komunikasi (Radio Swasta) Dalam Meningkatkan Tingkat Kepedulian Masyarakat Di Kotamadya Yogyakarta
DOWNLOAD SKRIPSI ILMU PEMERINTAHAN PERS DALAM DEMOKRATISASI DI INDONESIA (KAJIAN TENTANG PERANAN PERS DALAM PERISTIWA REVOLUSI MEI 1998)
Latar Belakang Masalah
Informasi
telah menjadi kebutuhan primer masyarakat modern saat ini tanpa kecuali.
Teknologi informasi yang semakin modern membawa konsekuensi kebutuhan informasi
tersebut kedalam relasi-relasi sosial dalam masyarakat dengan menghilangkan
batas-batas sosial budaya juga sangat berperan aktif dalam menghilangkan fungsi
ruang dan waktu. Dengan konsekuensi hilangnya batas-batas sosial budaya akibat
hilangnya fungsi ruang dan waktu, arus informasi membawa, menawarkan, dan dapat
mengubah wajah sosial dan budaya dengan perlahan, dan seringkali tanpa
disadari.
Kecepatan
informasi untuk menjangkau penerima informasi tersebut terbawa oleh berbagai
macam medium informasi yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern, karena
melalui berbagai media massa tersebut itulah nilai-nilai sosial dan budaya
tersosialisasikan yang didalamnya terdapat tanda-tanda dan simbol-simbol.
Tidak
dapat dipungkiri media massa memberi pengaruh melalui pesan-pesan yang
disampaikannya. Citra remaja perempuan metropolitan kini sangat mudah terpengaruh
dengan trend. Untukmemenuhi kebutuhan itu mereka mencari informasi tersebut di
media massa seperti majalah dan televisi. Dengan adanya gambaran seperti ini di
kota-kota metropolitan seperti pada umumnya, dikarenakan masuknya budaya luar
ke Indonesia. Hal-hal yang dilakukan oleh selebritis luar negeri dan
kebiasaan-kebiasaan mereka yang diliput oleh media massa dan disebar luaskan
sehingga masuk ke Indonesia.
Media
massa dan industri menciptakan kebutuhan remaja perempuan demi kepentingan
pasar, yang disuarakan sebagai cara bagi remaja perempuan untuk keluar dari
identitas yang diinginkan oleh orang tua. Akhirnya budaya remaja perempuan
sangat identik dengan penampilan sebagai representasi identitas. Tentunya
remaja perempuan di kota-kota besar adalah kelompok yang memiliki akses paling
terbuka ke sumber informasi yang dibutuhkan. Mereka memungut informasi dari
mana saja, dari televisi, majalah, radio, bahkan sobekan poster di pinggir
jalan. Mereka punya kesempatan untuk memanfaatkan waktu luang di pusat
perbelanjaan, tempat hiburan, dan ruang-ruang publik yang memungkinkan mereka
untuk melakukan interaksi dan pertukaran informasi.
Remaja
perempuan di kota-kota besar atau biasa disebut dengan remaja perempuan
metropolitan selalu punya cara untuk tampil beda, meski tidak selalu orisinil
karena banyak mengadopsi gaya selebritis idolanya masing-masing yang mereka
lihat di majalah dan televisi, dengan demikian remaja perempuan metropolitan
selalu berusaha untukmemperbaharui penampilannya sesuai dengan trend yang
sedang berlaku. Yang disebut penampilan bukan saja apa yang melekat di tubuh
semata, melainkan juga bagaimana keseluruhan potensi dalam diri memungkinkan
mereka untuk menampilkan citra diri. Dan pesan verbal dan non verbal yang
disampaikan media massa dianggap sebagai salah satu hal penting yang akan
memberikan ciri khusus pada remaja perempuan metropolitan. Cara berpakaian dan
pilihan warna dalam berbusana ataupun dalam hal apa saja yang berkaitan dengan
identitaasnya sebagai remaja adalah salah satu dari usaha remaja perempuan
metropolitan untuk membentuk citra tertentu melalui penampilannya.
Kita
mengakui bahwa pengaruh dunia barat dengan nilai-nilainya yang mempengaruhi
nilai budaya kita. Hal tersebut akibat arus simbolik global yang nyata yaitu
nilai-nilai dari luar dapat dengan mudah masuk ke dalam kehidupan masyarakat
melalui transformasi teknologi komunikasi modern dan industri komersil. Kemasan
media massa yang menarik dapat membuat khalayak tertarik untuk melihat atau
membaca informasi tersebut. Bagaimana media massa mengkonstruksikan realitas ke
dalam sebuah kemasan medianya.
Penempatan
remaja perempuan dalam media massa saat ini merupakan bagian dari hal yang
penting, karena dunia remaja adalah dunia yang menarik untuk terus kita ketahui
dan kita simak. Media massa hanya mempengaruhi serta menyibak gaya dan pola
remaja saat ini.pemenuhan
kebutuhan informasi dari remaja perempuan yang membuat banyak media massa
selalu berusaha memenuhi kebutuhannya tersebut.
Penggambaran yang terdapat di sebuah media massa
menimbulkan rasa tertarik khalayak untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia
remaja tersebut. Bagaimana media massa menampilkan sebuah gambar, warna,
lambang, dan tanda-tanda yang ada sebagai konstruksi realita yang ada.
“isi media pada hakikatnya adalah hasil konstruksi
realitas dengan bahasa baik verbal dan non verbal sebagai perangkatnya,
sedangkan bahasa bukan saja alat mempresentasikan realitas, namun juga bisa
menentukan relief seperti apa yang akan diciptakan oleh bahasa tentang realitas
tersebut. Akibatnya media massa mempunyai peluang yang sangat besar untuk
mempengaruhi makna dan gambaran yang dihasilkan dari realitas yang
dikonstruksikan.”
“Media juga berfungsi sebagai media budaya. Media budaya merupakan media yang berada dalam budaya masyarakat dan sebenarnya menjembatani kepentingan salah satu pihak, yaitu pihak budaya masyarakat industri dengan budaya masyarakat pengguna.”
Pengguna (pemakai) media budaya adalah
individu-individu yang menikmati bentuk-bentuk media budaya, seperti majalah,
surat kabar, atau tayangan yang muncul di televisi. Individu dan masyarakat
pengguna diperkenalkan dengan semboyan/slogan yang menjanjikan.
Demikianlah kutipan dari latarbelakang masalah dalam
skripsi jurusan komunikasi. Semoga dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa
terkhusus mahasiswa jurusan komunikasi dalam menyelesaikan tugas akhirnya.
0 komentar:
Post a Comment