Alasan Pemilihan Judul Penelitian

Download Skripsi Online - Selamat berkunjung kembali di Operator Bukan Guru, baiklah pada postingan kali ini mimin akan memberikan sedikit ulasan mengenai apa yang yang menjadi alasan bagi seorang peneliti untuk memilih suatu judul penelitian. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa dalam pemilihan judul sebuah penelitian, menurut mimin sih gampang-gampang susah, gampangnya judul penelitian ya sesuai dengan nama penelitiannya, sedangkan susahnya, pemberian atau pemilihan judul penelitian itu engga kaya kita ngasih judul pada sebuah cerpen atau karya ilmiah yang sederhana macam makalah, karena ada kaidah – kaidah yang harus diperhatikan sebelum kita memilih sebuah judul penelitian. Baiklah, supaya lebih jelasnya mengenai “Alasan Pemilihan Judul Penelitian” simaklah artikel mimin dibawah ini.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas mengenai alasan-alasan bagi seorang peneliti dalam menentukan judul dalam sebuah laporan penelitian karya ilmiah. Alasan-alasan yang dapat dikemukakan antara lain:

Pentingnya masalah tersebut diteliti karena akan membawa pelaksanaan kerja yang lebih efektif misalnya, atau akan dicari pemecahannya karena berbahaya apabila tidak. Jadi, pentingnya diadakan penelitian.
Menarik minat peneliti karena dari pengalamannya peneliti mendapatkan gambaran bahwa hal itu sangat menarik.

Baca Juga: 
Karakteristik Metode Penelitian Kualitatif 
Kompetensi Peneliti Kualitatif 
Lingkup Penelitian Kualitatif


Sepanjang pengatahuan peneliti belum ada orang yang meneliti masalah tersebut.
Dalam mengajukan alasan ini perlu ditambahkan kata: “sepanjang pengetahuan peneliti”, karena peneliti menyadari bahwa barangkali sudah ada penelitian serupa yang dikerjakan oleh orang lain tetapi laporannya tidak terbaca oleh peneliti.

Hal yang kurang tepat dikemukakan oleh para mahasiswa adalah bahwa mereka mengemukakan alasan pemilihan judul hanya karena disuruh oleh pembimbing. Dalam hal ini mahasiswa sebaiknya menyadari bahwa pemilihan masalah harus didasarkan atas minat dan penghayatan, sehingga judul penelitian tidak diberi oleh pembimbing.
Alasan pemilihan judul yang paling tepat adalah adanya kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan apa yang terjadi.
Contoh:
Sesudah penyuluhan pertanian diberikan dan dilaksanakan selama tiga tahun mestinya atau seharusnya para petani sudah melaksanakannya dengan baik dan hsilnya sudah dapat dilihat. Dari gejala-gejala yang ada, masih banyak petani yang belum memahami isi penyuluhan tersebut.


Itulah tadi ulasan singkat mengenai pemilihan dalam judul penelitian. Gimana setelah membaca sekilas artikel diatas tersebut, sekarang sudah ada gambaran atau belum? Mudah bukan dalam menentukan sebuah judul penelitian. Jika ada pertanyaan seputar topic mengenai judul penelitian, silahkan tuliskan komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat berkunjung kembali ke Operator Bukan Guru.

0 komentar:

Post a Comment