Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri

Operator Bukan Guru - Bagi setiap strategi pembelajaran pasti memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri, hal ini terjadi juga pada strategi pembelajaran inkuiri. Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan pada strategi pembelajaran inkuiri silahkan simak pada tulisan dibawah ini.
Keunggulan
Strategi pembelajaran inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang banyak dianjurkan oleh karena strategi ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

Strategi pembelajaran inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui strategi ini dianggap lebih bermakna.

Strategi pembelajaran inkuiri dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka.

Strategi pembelajaran inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman.

Keuntungan lain adalah strategi pembelajaran ini dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terlambat oleh siswa yang lemah dalam belajar.

Baca Juga:
HAKIKAT MASALAH DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) 
Kesulitan-Kesulitan Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri 
Teori Strategi Pembelajaran Ekspositori

Kelemahan
Disamping memiliki keunggulan, strategi pembelajaran inkuiri juga mempunyai kelemahan, diantaranya:

Jika strategi pembelajaran inkuiri digunakan sebagai strategi pembelajaran, maka akan sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.

Strategi ini sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.

Kadang-kadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan.

Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka strategi pembelajaran inkuiri akan sulit diimplikasikan oleh setiap guru.

Semoga setelah rekan-rekan dewan guru membaca postingan artikel kali ini, dapat sedikitnya menambahkan wawasan dan mengetahui keunggulan dan kelemahan pada strategi pembelajaran inkuiri dan lebih tepat lagi dalam memilih strategi pembelajaran apa yang seharusnya digunakan dalam menyampaikan materi ajar pada proses kegiatan belajar mengajar disekolah.

Jika ada penjelasan yang kurang dapat dipahami, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.


0 komentar:

Post a Comment