Selamat
berkunjung kembali di blog saya, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan
sebuah skripsi ilmu pemerintahan dengan judul Tanggapan Humas PT. PLN (Persero)
Distribusi Jawa Barat dan Banten Pada Isi Berita Tentang Perusahaannya Dari
Media Cetak Di Bandung.
Untuk
lebih jelasnya sebelum andamendownload file skripsinya, anda bisa melihat dulu
potongan latar belakang masalah penelitian yang akan sajikan dibawah ini.
Sementara untuk file skripsinya bisa anda download dibawah ini:
Baca Juga:
DOWNLOAD THESIS ILMU KOMUNIKASI “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TELEPON SELULER”
Download thesis jurusan ilmu komunikasi “Analisis Koneksitas Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet) Parepare Terhadap Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Hinterland”
Download contoh Thesis ilmu komunikasi “PESAN KOMUNIKASI POLITIK ABDURRAHMAN WAHID (GUS DUR) DALAM GERAKAN DEMOKRASI DI INDONESIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KALANGAN NAHDLIYIN DI SAMARINDA”
Latar
Belakang
Komunikasi
merupakan salah satu proses sosial yang sangat mendasar dan vital dalam
kehidupan manusia, mendasar karena setiap orang dalam kehidupanya selalu
berkeinginan untuk mempertahankan suatu persetujuan mengenai berbagai aturan
sosial melalui komunikasi. Komunikasi
berlangsung untuk menjalin hubungan antar individu, individu dengan kelompok,
dan kelompok dengan kelompok.
Ketika kegiataan komunikasi dilakukan dengan publiknya
yang bertujuaan untuk memberikan informasi, media adalah sarana yang sangat
dibutuhkan sekali agar pencapaian komunikasi dapat berjalan sesuai dengan yang
diinginkan oleh perusahaan. Media yang digunakan bisa berupa media cetak atau
bahkan media elektronik dalam menujang kegiataan komunikasinya, tetapi
perusahaanpun harus mampu menentukan media mana yang bisa digunakan untuk
menunjangnya. “secara efisien dan efektif, adakalanya penggunaan media massa
pers, radio, televisi, tidak sesuai apalagi jika khalayak tersebut hanya
terdiri dari kelompok kecil saja“ (Jefkins,1995:127).
Media lahir sebagai suatu sarana untuk menjembatani suatu
pesan ketika kebutuhan akan informasi dirasakan semakin meningkat dan tidak
lagi dapat diatasi dengan komunikasi antar personal. Informasi harus sampai
pada khalayak secara cepat dan menyebar seluas-luasnya, hal ini yang melahirkan
konsep media massa yang memiliki ciri-ciri komunikatornya terlembaga, bersifat
satu arah, pesannya bersifat umum, menimbulkan kesepakatan dari komunikan
heterogen. Sejak kebutuhan itu lahir mediapun hadir dengan berbagai jenis atas
media massa elektronik dan media massa cetak.
Media cetak
menampilkan berita-berita sesuai dengan tujuan penerbitnya sehingga memiliki
khalayak pada pembaca sendiri. Surat kabar merupakan salah satu dari bentuk
media massa cetak. Saat ini banyak surat kabar yang memiliki segmentasi
khalayak tertentu dan diproduksi untuk tujuan komersil ataupun dibagikan secara
cuma-cuma biasanya merupakan media internal pada suatu organisasi.
Kini terdapat kecenderungan bahwa perusahaan terutama
pada perusahan-perusahan besar dan jumlah karyawan yang besar pula
menyelenggarakan komunikasi internal melalui media penerbitan internal
perusahaan. Kecenderungan ini didorong oleh semakin maraknya kajian mengenai
pentingnya komunikasi di dalam organisasi, untuk menunjang pencapaiaan misi dan
sasaran organisasi atau perusahaan bersangkutan. Aspek komunikasi internal dianggap
membantu manajemen dalam proses pencapaiaan tujuan organisasi, anggota
organisasi disampaikan melalui prosedur yang telah dibakukan dengan efektif dan
lebih cepat dibandingkan dengan penyampaian informasi bermedia komunikasi antar
personal.
Dengan
demikian pentingnya penggunaan media internal dalam sebuah organisasi
diharapkan mampu menjembatani komunikasi antar karyawan dengan atasan dan antar
karyawan sendiri secara keseluruhan serta mampu merupakan media pemersatu
seluruh karyawan. Media internal yang lajim dipergunakan untuk membantu proses
ini biasanya berupa, guntingan berita atau kliping, majalah, bulletin, news latter dan lain-lain.
Media
internal merupakan sebuah medium yang diharapkan mampu memberikan informasi
kepada khalayaknya yaitu karyawan, guntingan berita merupakan sebuah media
internal yang menjembatani saluran komunikasi dan informasi internal maupun
eksternal PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten. Seperti halnya
media internal pada organisasi-organisasi lain, guntingan berita berisikan
berbagi informasi yang berhubungan dengan perusahaan, mulai dari berbagai
peristiwa yang berhubungan dengan perusahan maupun kepegawaian sampai
perkembangan terbaru di lingkungan internal perusahaan juga eksternal
perusahaan yang dapat mempengaruhi perusahaan.
Isi
dari guntingan berita diambil dari berbagi macam media cetak yang ada di
Bandung atupun di Jawa Barat kegiataan seperti Pikiran Rakyat, Kompas, Suara
Karya, Pos Kota, Fajar Banten, Galamedia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Bisnis
Indonesia, Metro, Rakyat Merdeka, Media Indonesia, Republika guntingan berita
dilakukan oleh bagian humas PT. PLN
(Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten khususnya humas internal, ini
dilakukan setiap hari kerja dengan subjek khusus mengenai berita atau artikel
PT. PLN
Group, surat pembaca dan wawancara internasional.
Adapun
tujuan dari guntingan berita yang erat kaitanya dengan pendokumentasian adalah
merupakan sebagai alat bantu, yang memiliki beberapa manfaat:
·
Sebagai bahan informasi terkini yang dapat
diedarkan kebagian lain yang dianggap mempunyai hubungan atau kepentingan
masing-masing
·
Sebagai bahan referensi tertentu sebagai alat
atau informasi penunjang.
·
Sebagai pedoman atau acuan untuk
mengantifikasi langkah-langkah suatu kejadian atau event tertentu yang tengah dihadapi atau di masa mendatang. Untuk perbaikan
dan pengembangan dari langkah-langkah program di masa-masa mendatang.
·
Khusus
kliping berperan sebagai sumber informasi dan data untuk memantau kegiatan
pihak pesaing (Kompetitor)
·
Dapat
juga kliping sebagai tolok ukur tentang sejauh mana keberhasilan perstasi dan
reputasi yang dicapai, mengenai persepsi, keluhan, dan hingga perolehan citra
di mata masyarakatnya.
·
Sebagai
media komunikasi internal melalui kliping dan sebagainya.
·
Kemudian
kliping tersebut disimpan sebagai kegiatan dokumentasi perusahaan atau lembaga.
(Ruslan,
2002:236)
Seperti
pada umumnya fungsi media massa yaitu informatif
dan edukatif media internal guntingan
berita memuat berbagai macam berita yang ada di dalam, hal ini humas PT. PLN
(Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten secara rutin pada setiap
penerbitanya selalu didokumentasikan dan dibuat ringkasaan tentang guntingan
berita agar humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten setiap
saat dapat melihat kembali tentang berita yang ada di media cetak.
Sebagai peristiwa penting yang terjadi di lingkungan PT.
PLN di dokumentasikan secara khusus berbentuk buku semenarik mungkin guna
mendapat respon positif dari khalayak khusunya karyawan, meskipun demikian
berdasarkan praresearch yang
dilakukan melalui wawancara singkat dengan beberapa karyawan bagian humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan
Banten ada kecenderungan bahwa sebagian dari mereka berpendapat bahwa berita
yang disajikan tersebut kebanyakan kurang up
to date, dan kadang-kadang kurang lengkap atau kata-kata lain masih kurang
memenuhi syarat pemberitaan baik dengan lengkap unsur-unsur berita yaitu 5W+1H
: Who, What, Why, When, Where, dan How
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik
untuk mengadakan penelitian dengan judul “ Tanggapan Humas PT. PLN (Persero)
Distribusi Jawa Barat dan Banten Pada Isi Berita Tentang Perusahaannya Dari Media Cetak Di
Bandung ” adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “ Bagaimana Tanggapan Humas PT. PLN (Persero) Distribusi
Jawa Barat dan Banten Pada Isi Berita Tentang Perusahaannya Dari Media Cetak Di
Bandung ”
Demikianlah
penggalan latar belakang masalah dalam penelitian skripsi ilmu komunikasi
dengan judul “TANGGAPAN HUMAS PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN
BANTEN PADA ISI BERITA TENTANG PERUSAHAANNYA DARI MEDIA CETAK DI BANDUNG”.
Semoga dapat membantu rekan – rekan mahasiswa yang sedang menyelesiakan tugas
semester akhirnya.
0 komentar:
Post a Comment