Apa Kegunaan Hasil Penelitian?

Download Skripsi Online - Apa Kegunaan Hasil Penelitian? - Sering kali menjadi sebuah pertanyaan bagi sebagian orang mengenai kegunaan dari sebuah hasil penelitian. Pada kesempatan ini kita akan coba menjawab pertanyaan sederhana itu.

Sebenarnya penjelasan tentang kegunaan hasil penelitian ini tidak mutlak harus ada. Rumusan tentang kegunaan hasil penelitian adalah kelanjutan dari tujuan penelitian. Apabila peneliti telah selesai mengadakan penelitian dan memperoleh hasil, ia diharapkan dapat menyumbangkan hasil itu kepada Negara, atau khususnya kepada bidang yang sedang diteliti.

Pembicaraan tentang kegunaan hasil penelitian ini menjadi penting setelah beberapa peneliti tidak dapat mengadakan sebenarnya hasil apa yag diharapkan, dan sejauh mana sumbangannya terhadap kemajuan ilmu pengetahuan.

Contoh:
Tujuan penelitian : ingin mengetahui di kelas berapa praktikum di SMP dilaksanakan.
Kegunaan hasil penelitian

Dengan diketahuinya di kelas berapa praktikum dilaksanakan, dihubungkan dengan hambatan yaaang dijumpai serta factor-faktor pendukung lainnya, peneliti bias memberikan informasi kepada pengembang kurikulum untuk dijadikan pedoman umum bagi pelaksanaan praktikum di SMP (pada waktu sedang diadakan peninjauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan, praktikum). Dengan kata lain dapat dikatakan, bahwa kegunaan hasil penelitian merupakan follow up penggunaan informasi atau jawaban yang tertera dalam kesimpulan penelitian.

Itulah jawaban singkat yang mungkin bisa menjawab pertanyaan mengenai kegunaan hasil dari sebuah penelitian. semoga dapat membantu anda dalam menjawab pertanyaan tersebut diatas. 

0 komentar:

Post a Comment