Manfaat Penelitian Evaluatif

Download Skripsi Online - Manfaat Penelitian Evaluatif - Selamat berkunjung kembali di blog downloadskripsi.online. Kami selalu menyuguhkan informasi seputar dunia pendidikan. Pada artikel kali ini saya akan mengulas secara singkat mengenai manfaat dari penelitian evaluatif.

Apa manfaat melakukan penelitian evaluatif? Dari sepintas penjelasan mengenai penelitian evaluatif, sudah dapat ditebak jawabannya. Penelitian evaluatif bermaksud mengumpulkan data tentang implementasi kebijakan. Dengan demikian manfaat hasil penelitiannya juga untuk pihak yang membuat kebijakan. Sebetulnya tujuan penelitian evaluatif itu untuk mengetahui keterlaksanaan kebijakan, bukan hanya pada kesimpulan sudah terlaksana dengan baik atau tidaknya, tetapi ingin mengetahui kalau belum baik implementasinya, apa yang telah menyebabkan, dimana letak kelemahannya, dan kalau lemah apa sebabnya. Dengan kata lain, penelitian evaluatif bermaksud mencari titik-titik lemah dari implementasi yang mungkin juga letak kelemahan kebijakannya. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut pengambil kebijakan dapat memperbaiki unsur-unsur yang lemah dari kebijakan, yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan mutu dari implementasi dari kebijakan. Dengan adanya penelitian evaluatif, maka sebuah lembaga dapat ditingkatkan mutu kinerjanya, atau dengan kata lain, penelitian evaluatif ini mempunyai manfaat sebagai pengambangan kualitas atau quality improvement.

semoga ulasan singkat ini dapat membantu rekan-rekan yang sedang mencari informasi terkait. Jika penjelasan tersebut diatas masih belum menjawab pertanyaan saudara, silahkan ajukan pertanyaan pada kolom komentar. Terima kasih sudah mengunjungi blog downloadskripsi.online.

0 komentar:

Post a Comment