Download Skripsi Online - Prosedur Penelitian Evaluatif - Pada pembahasan kali ini, kita akan coba untuk memahami sebenarnya seperti apa proses pada suatu penelitian. Adapun prosedur penelitian yang dimaksud pada artikel ini adalah Prosedur Penelitian Evaluatif. Untuk lebih dapat memahaminya, silahkan simak artikel dibawah ini.
Untuk
melaksanakan penelitian evaluatif, peneliti harus mengidentifikasi komponen
dari objek sebagai sebuah sistem. Untuk lebih jelasnya marilah kita ambil
contoh dari bidang pendidikan yang paling mudah diikuti, karena siapapun yang
akan melakukan penelitian pasti pernah bersekolah dan mengikuti kegiatan
pembelajaran. Ketika memasuki seklah, setiap siswa pasti berkeinginan untuk
cepat lulus dengan nilai baik. Pesan orang tua kepada anaknya, rajin-rajinlah
belajar biar lulus dengan nilai baik.
Bagi pelajar di SD sampai dengan perguruan tinggi yang masih dibiayai orangtua, pesan seperti itu mungkin masih dapat berlaku karena perhatian pelajar masih utuh ke pelajaran. Namun demikian keberhasilan belajarnya dipengaruhi oleh factor dirinya, guru, sarana belajar, keberhasilan belajarnya dipengaruhi oleh factor dirinya, guru, sarana belajar, dan lingkungan. Tidak sedikit pelajar yang tidak atau kurang berhasil belajarnya karena kena pengaruh lingkungan, antara lain teman yang mengajak bermain, permainan dengan play-station, tayangan televise, dan sebagainya. Bagi mahasiswa yang tugas belajar atau sudah bekerja dan ingin sambil melanjutkan kuliah, factor-faktor penentu keberhasilan tersebut semakin kompleks. Oleh karena mereka pada umumnya sudah bekerja dan berkeluarga, gangguan yang beraswal dari factor-faktornya bertambah dengan factor pekerjaan dan lingkungan keluarga.
Bagi pelajar di SD sampai dengan perguruan tinggi yang masih dibiayai orangtua, pesan seperti itu mungkin masih dapat berlaku karena perhatian pelajar masih utuh ke pelajaran. Namun demikian keberhasilan belajarnya dipengaruhi oleh factor dirinya, guru, sarana belajar, keberhasilan belajarnya dipengaruhi oleh factor dirinya, guru, sarana belajar, dan lingkungan. Tidak sedikit pelajar yang tidak atau kurang berhasil belajarnya karena kena pengaruh lingkungan, antara lain teman yang mengajak bermain, permainan dengan play-station, tayangan televise, dan sebagainya. Bagi mahasiswa yang tugas belajar atau sudah bekerja dan ingin sambil melanjutkan kuliah, factor-faktor penentu keberhasilan tersebut semakin kompleks. Oleh karena mereka pada umumnya sudah bekerja dan berkeluarga, gangguan yang beraswal dari factor-faktornya bertambah dengan factor pekerjaan dan lingkungan keluarga.
Secara
umum, untuk memahami factor-faktor yang berpengaruh pada tingginya prestasi
belajar siswa dapat digambarkan dalam sebuah transformasi, yaitu proses
pembelajaran yang bagannya menggambarkan adanya masukan, proses pengolahan.
Proses
pembelajaran tersebut merupakan sebuah system yangkomponen-komponen terdiri
dari siswa, guru, materi, sarana, pengelolaan, lingkungan. Ke enam komponen
tersebut bekerjasama membentuk sebuah proses, yang pada akhirnya menghsilkan
sebuah produk berupa ‘hasil pembelajaran’. Dari gambaran tersebut jelas bahwa
hasil sebuah kegiatan yang merupakan sebuah system tersebut tidak hanya
dipengaruhi oleh satu factor saja tetapi
semua factor secara bersama-sama. Jika dalam urian nasional hasil siswa kurang
atau tidak baik, tidak dapat langsung menyalahkan guru saja tetapi diri siswa
sendiri yang juga merupakan salah satu factor, juga pasti berbuat salah,
misalnya tidak rajin belajar, tidak serius ketika mengerjakan soal ujian,
kurang cermat membaca soal, tidak disiplin mengikuti tata tertib dan
sebagainya. Untuk lebih jelasnya komponen-komponen merupakan faktor pendukung
tercapainya tujuan.
Penelitian evaluatif
adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui kinerja sebuah
transformasi pembelajaran. Transformasi sendiri terdiri dari dua kata, yaitu
trans dan formasi. Trans artinya proses perubahan, sedangkan formasi dari kata
rorm, artinya bentuk. Jadi arti keseluruhan dari transformasi adalah perubahan
bentuk. Makna dari proses pembelajaran
adalah upaya untuk mengubah siswa yang semula masih dalam keadaan belum
mengetahui ilmu yang diberikan oleh guru, sesudah melalui proses pembelajaran
diharapkan mengetahui dengan baik. Penelitian evaluatif yang mengarahkan
perhatiannya kepada proses pembelajaran, pertama berusaha untuk mengetahui
seberapa baik siswa telah menguasai materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
Apabila mungkin tingkat penguasaan siswa belum optimal sesuai dengan tujuan
pembelajaran, maka peneliti bermaksud mengetahui penyebab dari ketidak
optimalnya hasil tersebut, dengan cara yang lebih cermat, yaitu menelusuri
kemungkinan penyebab dari keseluruhan faktor yang berpengaruh terhadap hasil
belajar.
Itulah pembahasan mengenai Prosedur Penelitian Evaluatif. Semoga dapat membantu rekan-rekan semua dalam mendapatkan pembendaharaan ilmu seputar dunia metodologi penelitian. Jika masih ada yang kurang jelas dari pembahasan tersebut, silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih sudah mengunjungi downloadskripsi.online.
Itulah pembahasan mengenai Prosedur Penelitian Evaluatif. Semoga dapat membantu rekan-rekan semua dalam mendapatkan pembendaharaan ilmu seputar dunia metodologi penelitian. Jika masih ada yang kurang jelas dari pembahasan tersebut, silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih sudah mengunjungi downloadskripsi.online.
0 komentar:
Post a Comment