Prosedur Penelitian Evaluatif

Download Skripsi Online - Prosedur Penelitian Evaluatif - Pada pembahasan kali ini, kita akan coba untuk memahami sebenarnya seperti apa proses pada suatu penelitian. Adapun prosedur penelitian yang dimaksud pada artikel ini adalah Prosedur Penelitian Evaluatif. Untuk lebih dapat memahaminya, silahkan simak artikel dibawah ini.

Untuk melaksanakan penelitian evaluatif, peneliti harus mengidentifikasi komponen dari objek sebagai sebuah sistem. Untuk lebih jelasnya marilah kita ambil contoh dari bidang pendidikan yang paling mudah diikuti, karena siapapun yang akan melakukan penelitian pasti pernah bersekolah dan mengikuti kegiatan pembelajaran. Ketika memasuki seklah, setiap siswa pasti berkeinginan untuk cepat lulus dengan nilai baik. Pesan orang tua kepada anaknya, rajin-rajinlah belajar biar lulus dengan nilai baik.

Bagi pelajar di SD sampai dengan perguruan tinggi yang masih dibiayai orangtua, pesan seperti itu mungkin masih dapat berlaku karena perhatian pelajar masih utuh ke pelajaran. Namun demikian keberhasilan belajarnya dipengaruhi oleh factor dirinya, guru, sarana belajar, keberhasilan belajarnya dipengaruhi oleh factor dirinya, guru, sarana belajar, dan lingkungan. Tidak sedikit pelajar yang tidak atau kurang berhasil belajarnya karena kena pengaruh lingkungan, antara lain teman yang mengajak bermain, permainan dengan play-station, tayangan televise, dan sebagainya. Bagi mahasiswa yang tugas belajar atau sudah bekerja dan ingin sambil melanjutkan kuliah, factor-faktor penentu keberhasilan tersebut semakin kompleks. Oleh karena mereka pada umumnya sudah bekerja dan berkeluarga, gangguan yang beraswal dari factor-faktornya bertambah dengan factor pekerjaan dan lingkungan keluarga.

Secara umum, untuk memahami factor-faktor yang berpengaruh pada tingginya prestasi belajar siswa dapat digambarkan dalam sebuah transformasi, yaitu proses pembelajaran yang bagannya menggambarkan adanya masukan, proses pengolahan.

Proses pembelajaran tersebut merupakan sebuah system yangkomponen-komponen terdiri dari siswa, guru, materi, sarana, pengelolaan, lingkungan. Ke enam komponen tersebut bekerjasama membentuk sebuah proses, yang pada akhirnya menghsilkan sebuah produk berupa ‘hasil pembelajaran’. Dari gambaran tersebut jelas bahwa hasil sebuah kegiatan yang merupakan sebuah system tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh satu factor saja  tetapi semua factor secara bersama-sama. Jika dalam urian nasional hasil siswa kurang atau tidak baik, tidak dapat langsung menyalahkan guru saja tetapi diri siswa sendiri yang juga merupakan salah satu factor, juga pasti berbuat salah, misalnya tidak rajin belajar, tidak serius ketika mengerjakan soal ujian, kurang cermat membaca soal, tidak disiplin mengikuti tata tertib dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya komponen-komponen merupakan faktor pendukung tercapainya tujuan.

Penelitian evaluatif adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui kinerja sebuah transformasi pembelajaran. Transformasi sendiri terdiri dari dua kata, yaitu trans dan formasi. Trans artinya proses perubahan, sedangkan formasi dari kata rorm, artinya bentuk. Jadi arti keseluruhan dari transformasi adalah perubahan bentuk.  Makna dari proses pembelajaran adalah upaya untuk mengubah siswa yang semula masih dalam keadaan belum mengetahui ilmu yang diberikan oleh guru, sesudah melalui proses pembelajaran diharapkan mengetahui dengan baik. Penelitian evaluatif yang mengarahkan perhatiannya kepada proses pembelajaran, pertama berusaha untuk mengetahui seberapa baik siswa telah menguasai materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Apabila mungkin tingkat penguasaan siswa belum optimal sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka peneliti bermaksud mengetahui penyebab dari ketidak optimalnya hasil tersebut, dengan cara yang lebih cermat, yaitu menelusuri kemungkinan penyebab dari keseluruhan faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar.

Itulah pembahasan mengenai Prosedur Penelitian Evaluatif. Semoga dapat membantu rekan-rekan semua dalam mendapatkan pembendaharaan ilmu seputar dunia metodologi penelitian. Jika masih ada yang kurang jelas dari pembahasan tersebut, silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih sudah mengunjungi downloadskripsi.online.



0 komentar:

Post a Comment