Siapakah Yang Perlu Meneliti?

Download Skripsi Online - Siapakah Yang Perlu Meneliti? - Judul pada postingan kali ini merupakan sebuah pertanyaan yang sering diajukan oleh seseorang yang kebingungan mengetahui siapa sebenarnya orang yang harus melakukan sebuah penelitian atau menjadi seorang peneliti. Mungkin artikel kali ini adalah artikel yang yang tepat bagi anda yang menanyakan hal tersebut.

Dahulu, apabila mendengar kata “penelitian” orang sering membayangkan suatu kesibukan di laboratorium. Seorang ahli sedang asyik mengamati reaksi zat-zat yang dicampur di tabung reaksi, atau dalam labu didih, tabung Erlenmeyer, atau alay-alat lain yang serba rumit. Dengan demikian, maka penelitian adalah suatu kegiatan monopoli para ahli.
Memang apa yang dibayangkan orang-orang seperti disebutkan itu ada betulnya, tetapi tidak seluruhnya betul. Orang-orang seperti disebutkan itu ada betulnya, tetapi tidak seluruhnya betul. Orang-orang di laboratorium memang sedang melaksanakan penelitian, penyelidikan di dalam bidang dapat dilakukan di bidang ilmu pengetahuan aalam saja. Penelitian dapat dilakukan di seluruh bidang ilmu.
Namun demikian, masih banyak orang terpelajar yang beranggapan bahwa meneliti adalah tugas para ahli, professor, doctor. Sangat disayangkan apabila anggapan semacam itu merembes ke mahasiswa.
Pada waktu belum ada ekuivalen tesis atau ekuivalen skripsi, mahasiswa masih serius mempelajari metodologi penelitian karena akan merupakan bekal untuk mengadakan penelitian dalam rangka penulisan skripsi atau tesisnya. Setelah mereka diperbolehkan mengambil ekuivalen skripsi atau ekuivalen tesis, lalu beranggapan bahwa ilmu tentang penelitian tidak diperlukan lagi. Mereka lupa atau mungkin belum menyadari bahwa siapa dapat meneliti, karena hanya dengan penelitianlah ilmu dapat dikembangkan secara ilmiah.
Seorang ahli masak membuat kue dengan bahan sekian ons terigu, sekian butir telur, sekian ons gula pasir, sekian ons mentega, dan bahan-baha lain. Setelah melalui proses pembuatan, kemudian diperoleh sebuah kue  yang lezat. Ahli masak tersebut tidak puas dengan hasil pekerjaannya itu. Ia selalu berpikir mencari akal bagaimana agar diperoleh kue yang lebih enak lagi dengan bahan-bahan yang jumlahnya sama, ata kalau bias dengan bahan yang lebih sedikit sehingga biayanya lebih mrah. Ahli masak ini sebenarnya juga sedang mengadakan penelitian. Tetapi tidak melalui prosedur yang jelas, dan tidak melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
Ahli-ahli lain, mulai dari tukang sepatu, pabrik rokok, tukang pakaian konfeksi sampai ke ahli-ahli yang menangani bom neutrin dan voyager, semuanya sedang mengadakan penelitian, walaupun prosedur dan kualitas penelitiannya berbeda-beda.
Seorang guru mempunyai tugas mendidik dan mengajar, ia membantu si anak didik. Ia selalu berusaha agar kadar bantuannya dapat meningkat sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Usahanya ada bermacam-macam. Mungkin ia memberikan motivasi belajar yang banyak. Mungkin ia mengganti metode yang ia gunakan untuk menerangkan. Mungkin menambah alat peraga dan sebagainya.
Barang siapa ingin meningkatkan hasil untuk apa saja yang sedag ia tyekuni, membutuhkan kegiatan penelitian.

Suatu hal yang menggembirakan dunia ilmu adalah adanya lomba karya ilmiah yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk para pelajar dan mahasiswa. Kegiatan tersebut mau tidak mau harus dikaitkan dan bahkan didasarkan atas kerja penelitian. Pekerjaan meneliti ini benar-benar mengasyikan, khususnya bagi mereka yang gemar menggeluti ilmu.
Semoga jawaban ini dapat membantu anda dalam menjawab pertanyaan seputar dunia penelitian. Jika anda membutuhkan contoh dari laporan penelitian ilmiah, pada postingan saya yang lainnya sudah menyiapkan beberapa file skripsi dan tesis yang bisa anda download dan pelajari teknik penulisannya. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. 

0 komentar:

Post a Comment